pasir putih Pantai Kuta Kabupaten Lombok Tengah Pantai Kuta Kabupaten Lombok Tengah - Pantai Kuta dalam ingatan sebagian orang pasti berada di Pulau Dewata Bali. Ternyata, Pantai Kuta tidak hanya ada di Pulau Bali saja, Kabupaten Lombok Tengah juga memiliki objek wisata Pantai Kuta terletak di Desa Kuta. Awalnya pantai ini tidak dijamah oleh manusia dan lokasinya sangat sepi. Akan tetapi lambat laun Pantai Kuta Lombok mulai di kenal oleh masyarakat Indonesia dan turis mancanegara. Pantai Kuta mulai di lirik semenjak berdirinya hotel-hotel megah di sekitar pantai. Pantai Kuta Lombok memiliki keistimewaan tersendiri karena pantai ini di kelilingi oleh hamparan bukit yang menciptakan perpaduan warna antara hijaunya perbukitan dan birunya air laut. Bukan hanya itu, Pantai Kuta Lombok juga memiliki butiran pasir yang halus dan nyaman untuk di injak dengan kaki telanjang. Para wisatawan memanfaatkan pasir halus ini untuk untuk melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh.
pasir putih Pantai Kuta Kabupaten Lombok Tengah Penduduk setempat memanfaatkan butiran pasir halus itu sebagai sarang nyale (cacing laut) yang ada di Pantai Kuta Lombok. Banyaknya nyale-nyale di pantai ini membuat sarang dengan melubangi karang putih, hasil galiannya itu menjadi butiran pasir halus seperti bubuk merica. Keberadaan nyale di Pantai Kuta tidak terlepas dari mitos yang berkembang saat ini. Menurut cerita masyarakat setempat, jaman dahulu kala ada seorang putri cantik berambut panjang yang bernama Putri Mandalika. Parasnya yang cantik ini membuat banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikahinya. Banyaknya lemaran yang datang membuat Putri Mandalika bingung untuk mengambil keputusan maka ia pun terjun ke laut. Sebelum terjun ia berjanji bahwa akan datang kembali selama sekali dalam setahun. Rambut panjang Putri Mandalika inilah yang kemudian menjelma menjadi nyale. Untuk memperingati sekaligus menyambut kedatangan Putri Mandalika, masyarakat setempat mengadakan upacara Bau Nyale yang di adakan setahun sekali.
pasir putih Pantai Kuta Kabupaten Lombok Tengah Pantai Kuta Lombok juga termasuk salah satu objek wisata yang paling digemari oleh para wisatawan baik lokal maupun internasional karena nuansa pantai yang jernih, pasir putih serta suasananya yang tenang karena terletak jauh dari pusat kota Mataram. Sesampai di Pantai Kuta Lombok bisa menikmati Keindahan pasir pantai yang sangat putih dan bersih serta menyilaukan jika di lihat dari kejauhan di tengah hari tanpa awan. Bermain-main di pantai berpasir putih tersebut sangat menyenangkan karena area pantai yang dangkal cukup luas. Wisatawan juga akan banyak menemukan pedagang asongan yang menawarkan berbagai cendera mata khas Lombok.
pasir putih Pantai Kuta Kabupaten Lombok Tengah Akomodasi yang disediakan di Pantai Kuta Lombok cukup lengkap. Disana terdapat beberapa penginapan dan resort hotel yang memberikan kemewahan dan kenyamanan berwisata. hotel Novotel Coralia Lombok yang berada sekitar 1 km dari Pantai Kuta dan merupakan hotel berbintang satu-satunya yang terdekat dengan Pantai Kuta. Hotel tersebut juga berada di bibir pantai dan menyediakan berbagai fasilitas rekreasi air seperti jet ski, speed boat, banana boat dan lain-lain. Untuk menuju ke lokasi ini, wisatawan dapat melakukan penerbangan menuju Pulau Lombok dari kota-kota besar. Setelah di Bandara Selaparang yang terletak di kota Mataram, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan umum menuju Pantai Kuta. Perjalanan menuju Pantai Kuta akan memakan waktu sekitar 2 jam. Namun perjalanan yang cukup jauh terbayar ketika melihat keindahan alam yang masih asli. Air laut jernih tidak menghalangi pandangan mengagumi batu-batu karang dan penghuni-penghuni kecil yag sesekali tampak berenang dan merayap di situ.

17 komentar:

  1. Kapanlah saya bisa menikmati pantai kuta di kabupatn lombok tengah ini :)

    ReplyDelete
  2. Pantai kuta ini memang sangat indah pemandangannya bahkan terkenal walau sampai ke manca negara,saya sendiri belum coba kesana, entah kapan yah..hehe..
    Tapi mudah^an suatu saat bisa kesana,
    Oke sobat postingan yang sangat nebarik dan berguna buat petunjuk saya siapa tahu nanti pada masanya bisa kesana
    Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata selain di Bali....pantai kuta pun ada juga di dareah lain ya mas..seperti di lombok ini

    Pastinya kalo berwisata ke sana bisa sekalian cuci mata ya hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas Budi, keindahan Pulau ini sangat mempesona
      Dan tidak kalah dengan pantai kute, ternyata indonesia
      Banyak terdapat panorama alam lautan yang sangat indah
      Namun sebagian itu, masyarakat sekitar ada saj yang
      menyalah gunakanya, hingga abrasi terus meningkat
      Tanpa adanya upaya penanggulanganya, contoh nya
      Pada pantai di daerah saya, bukan pantai di posts ini maksudnya.
      Terima kasih Mas Budi sudah berkunjung. hhhh

      Delete
  4. benar benar indah banget nih Bali.. kpn gue kesana yh

    #Maen gan ke blog saya yah?

    ReplyDelete
  5. Sangat menajubkan yah Mas Andes pandai sekali Mas Ini
    Memilih obyek wisata, sebagai bahan artikel nya, ijin simak Mas
    Terima kasih atas opini nya semangat terus Mas

    ReplyDelete
  6. Mantap keren sekali pantainya.

    ReplyDelete
  7. waaaww sungguh indah sekali pantainya...benar sih mas saya juga mengira bahwa pantai kuta itu cuma ada di bali, ternyata ada di lombok juga ya :D

    ReplyDelete
  8. wah keren banget emang kuta

    ReplyDelete
  9. baru tahu juga saya pantai kuta tidak hanya dibali ternyata diLombok ada juga

    ReplyDelete
  10. Pantai Kuta benar2 keren ya mas,,, seperti di bali aja. Pengen kesana banget rasanya setelah melihat pemandangannya yg indah di blog ini, hmmm...
    makasih telah berbagi ^_^

    ReplyDelete
  11. kebanyakan pantai yang ada di luar jawa kok bagus-bagus ya....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya di luar jawa nggak banyak penduduknya kali kang, jadi masih terjaga dengan baik :)

      Delete
  12. Dari dulu saya pengen jalan-jalan ke Lombok tapi masih belum kesampean mas...

    ReplyDelete
  13. luar biasa pemandangannya ya. Pantainya masih bersih dan sangat indah. Pantai kuta bali aja kalah hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sangat menajubkan, pemandanganya
      Keindahan dan pesona sejuk alamainya tidak
      Bisa terlukiskan dengan kata-kata ibarat buah Apel
      Bagus mulus bukan sortiran, seratus buat artikelnya Mas Potret

      Delete
  14. pantai kuta emang keren, kapan ya bisa kesana :)

    ReplyDelete

 
Top