Panorama Objek Wisata Gili Trawangan Panorama Objek Wisata Gili Trawangan - Gili Trawangan termasuk pulau yang paling besar di antara ketiga pulau lainnya, yaitu Gili Meno, Gili Air dan Gili Nanggu. Sebelum menjadi tempat tujuan wisata, Gili Trawangan merupakan pulau sepi yang tidak terlalu di kenal oleh masyarakat. Menurut cerita masyarakat setempat, pulau ini merupakan tempat pembuangan narapidana politik yang terlibat PKI pada masa permerintahan orde baru dan tempat pembuangan pemberontak sasak yang berusaha melawan kekuasaan raja di daerah Lombok. Hingga akhirnya tahun 1990 pemerintah setempat mulai perhatian terhadapa kawasan Gili Trawangan dan mulai di tetapkan bahwa kawasan ini sebagai sarana rekreasi bahari.
Panorama Objek Wisata Gili Trawangan Kondisi lingkungan di Gili Trawangan mulai terlihat asri, banyak pohon-pohon yang di tanam antara lain pohon kelapa, cemara dan akasia serta dihiasi beraneka ragam biota laut akan menambah daya tarik pengunjung. Terlihat pula deretan pasir pantai yang lembut dan airnya yang jernih membuat pengunjung semakin betah berada di Gili Trawangan. Pulau yang di huni setidaknya 800 jiwa ini merupakan objek wisata bahari yang cukup terkenal hingga mancanegara. Tidak mengherankan jika setiap tahunnya pulau ini di kujungi oleh puluhan ribu wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.
Panorama Objek Wisata Gili Trawangan Dibandingkan dengan Gili Meno dan Gili Air, pulau Trawangan lebih banyak di minati oleh para wisatawan. Hampir setiap malamnya di pulau ini selalu di adakan pesta yang di rayakan di pusat keramaian. Aktivitas yang sering di lakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving, snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, berselancar dan menyelam. Bagi para wisatawan yang senang dengan kegiatan diving dan snorkeling, Gili Trawangan menyuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat mengagumkan. Saat menyelam para wisatawan akan menemukan berbagai bentuk dan jenis karang. Semakin dalam menyelam maka akan semakin banyak menemukan berbagai jenis ikan, seperti hiu, kerapu, belut laut, kepiting laut, dan banyak lagi lainnya.
Panorama Objek Wisata Gili Trawangan Apabila para wisatawan tak cukup berani menyelam lebih dalam, cukup hanya menikmati terumbu karang yang berada di pinggir pantai. Dalam terumbu karang, para wisatawan dapat melihat beranekaragam jenis-jenis ikan hias yang melintas di pinggir karang dan melihat koral berwarna biru, yang hanya bisa di temui di perairan karibia. Gili Trawangan relatif lebih di minati oleh para wisatawan karena menawarkan fasilitas rekreasi yang lebih lengkap. Suasana gembira dan damai oleh kumpulan orang yang sedang berpesta di malam hari menjadikan pulau ini banyak di minati wisatawan terutama wisatawan asing. Selain menikmati keindahan suasana pantainya, di Gili Trawangan wisatawan juga dapat berkeiling.
Panorama Objek Wisata Gili Trawangan Bagi wisatawan domestik yang membawa ponsel atau telpon genggam tidak perlu khawatir mengenai sinyal karena di pulau ini telah berdiri tiga menara BTS (Base Tranceiver Stasion) sebagai perangkat komunikasi pengguna jaringan ponsel menuju jaringan lain. Di Gili Trawangan juga terdapat pembangkit listrik tenaga  diesel yang ada di tengah pulau sebagai penyedia aliran listrik ke seluruh pulau. Selain itu, bagi para wisatawan yang memerlukan pemandu dalam kegiatan wisatanya dapat menggunakan jasa seorang guide profesional untuk memandu aktivitasnya. Setelah selesai turis cukup memberi tips yang pantas bagi pemandu tersebut.

Bagi para wisatawan yang ingin lebih lama di Gili Trawangan dan berniat menyewa sebuah penginapan, tidak perlu khawatir karena di Gili Trawangan sudah banyak tempat penginapan. Di Gili Trawangan telah tersedia ratusan rumah penginapan baik itu berupa hotel, motel, villa, maupun resort yang telah memenuhi standar pelayanan internasional. Berbagai jenis rumah penginapan ini menawarkan dan menyediakan beragam fasilitas, seperti kolam renang, toko souvenir, dan cendera mata, toko obat, tempat penyewaan sepeda dan cidomo, tempat voli pantai, pijat dan spa, kafe, bar, restoran, tempat laundry, peralatan olahraga air, money changer, ruang TV Chanel Internasional dan masih banyak lagi lainnya. Untuk menuju lokasi Gili Trawangan cukup mudah karena tersedia dua tempat penyeberangan menuju Pulau Trawangan, yaitu:

Melalui Pantai Senggigi
Dari Kota Mataram ke Pantai Senggigi berjarak 11 km, para wisatawan dapat menggunakan kapal outrigger. Perjalanan menuju Gili Trawangan pada umumnya berangkat dari Pelabuhan Bangsal. Ada dua alternatif menuju Pelabuhan Bangsal dari kota Mataram, yaitu:
- Melewati kawasan Gunung Pusuk (jalur utara), wisatawan dapat menggunakan sarana transportasi darat seperti ojek, taksi, atau bemo karena rutenya dekat. Di kawasan Gunung Pusuk, kita akan melihat melihat monyet-monyet berkeliaran dan di sarankan membawa kacang untuk makanan monyet.
- Melewati kawasan wisata Pantai Senggigi (jalur selatan), wisatawan dapat menggunakan taksi dari kota Mataram melewati bukit-bukit di pinggir Pantai Senggigi hingga tiba di Pelabuhan Bangsal.

Melalui Pelabuhan Bangsal
Untuk menyeberang dari Pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan wisatawan dapat menggunakan kapal penumpang umum dengan waktu tempuh kira-kira 45 menit dengan tarif sekitar Rp 10.000. Kalau tidak mau berdesakan dengan penumpang lain, wisatawan juga dapat menyewa kapal dengan tarif sekitar Rp 259.000 sekali jalan. Sesampai di Gili Trawangan pengunjung akan di sambut oleh cidomo dan di antar menuju resort ataupun hotel untuk menginap. Jika tidak mau mengeluarkan uang, pengunjung dapat berjalan menuju motel, hotel maupun villa yang ingin dituju.

Wisatawan yang berkunjung ke Gili Trawangan tidak di kenai biaya masuk, kecuali biaya akomodasi dan fasilitas seperti penginapan, sewa sepeda gayung, sewa motor boat, sewa cidomo, dan sebagainya.

40 komentar:

  1. Salam Mas Potret Pedia, kunjungan sore hari yang Indah
    Di artikel yang, Cantik dan menarik dengan nuansa pantai
    Terhias sangat, ASRI, Hijau segar dan penuh Ramah tamah
    Seperti Blog nya Mas Potret. salam sukses yah Mas.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngelindur nih mas Karysta, masa pantai warnanya hijau hehe...

      Delete
    2. Maksud nya piguran yang lagi Mandinya tuh Mas?
      Adem kaya tuh... mmmmhhh... nglindur lagi akhhh
      Hati-hati Mas Anthonie dan Mas Budi jangan sampai
      Mengkhayal di sisni, berbahaya...!! hhkhkhkhk

      Delete
  2. Indah banget pantainya mas..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jempol pokoknya mas :)

      Delete
    2. Kenapa dengan jempolnya Mas Andes Cantengan Mas?
      Segera di obatin Mas, kaya nya di artikel Mas Anthonie
      Sudah ada apa belum yah? cara mengobati cantengan? hhhhh

      Delete
  3. kalau berada dipantai tersebut bisa melepas penat karena aktivitas sehari2.. jadi pengen kesana.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijamin menghilangkan masalah tanpa masalah mas :D hehehe

      Delete
  4. Wah siapa tuh yang di foto? hehehe :D Pasti seseorang ya mas andes wkwk :D
    Pantai nya bagus, dan pemandangannya sangat indah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu lagi mbak, modelnya juga cantik hohoho...

      Delete
    2. Kalau hanya foto pemandangan alam saja ya terasa hampa mas. Jadi perlu juga ada modelnya, biar gambarnya lebih cantik hehe :D

      Delete
    3. soalnya kalo baca terus mungkin capek mbak jadinya bisa istirahat bentar buat kedipin mata :D hehehe

      Delete
    4. modelnya cantik banget mas,,, siapa tuh, pacarnya ya, hehehe ^_^

      Delete
    5. Memang Cantik piguran foto nya
      secantik nuansa template juga visitor nya
      Sukses terus deh Mas Andes.

      Delete
    6. Saya suka sama MODEL nya. Cantik seksi bohay
      Saingan nih sama gambar model di blognya Mas Rawins
      Wanita memang indah heihiehiee *glek

      Delete
  5. sepertinya keindahan pantai tidak dapat dipisahkan dengan gadis2 nya ya mas :)
    kapan-kapan ekspose pantai sigandu dong mas, biar go internasional :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk pantai sigandu katanya mas andes sudah terkena tsunami kang :D

      Delete
    2. emang ada pantai sigandu kang, kok saya baru denger yah hehe...

      Delete
    3. Pasti mas anthonie belum pernah maen ke kab.batang ya? hehehe soalnya pantai sigandu itu pantai favorit masyarakat batang lho hehe :D

      Delete
    4. kalo mas anthoni maen ke batang mampir juga kerumahnya mbak ririn :) rugi kalo gak mampir hehehe..

      Delete
    5. wah berarti saya ketinggalan berita nih, ya udah kapan-kapan saya main ke tempatnya mbak Ririn deh hehe...

      Delete
  6. Wah saya beru tahu ternyata obyek wisata gili trawangan benar-benar indah yah mas, apalagi ada modelnya yang cantik tuh hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok banget buat refreshing mas, nuansanya seger :)

      Delete
    2. iya mas Andes, boleh juga buat refresing, kapan-kapan pengen nih main ke Gili Trawangan biar pikiran lebih rileks :)

      Delete
  7. Wah pantainya sangat indah yg di fto jga indah..wkwk :D

    ReplyDelete
  8. Tempat wisata yang sangat indah dan mempesona nie, ngeliatnya jadi bikin mata seger, kapan ya bisa kesana ? :)

    ReplyDelete
  9. mudah2an suatu saat saya juga bisa berkunjung ke gili trawangan ini...tempatnya sungguh keren :D

    ReplyDelete
  10. Saya jadi tertarik melihat wanita itu mas hehe, tempatnya sangat asik dan menyenangkan yah saya kepengen kesana bareng bareng keluar saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beuhhh.. mantap dah pokoknya mas :) duduk manis sambil liat yang bening2 hehehe..

      Delete
  11. pantainya bagus banget nih. saya belum pernah nih ke objek wisata trawangan..:D

    ReplyDelete
  12. Panorama pantainya asoy banget tuh mas..cucok buat Kopdar an tuh..hehe :)

    ReplyDelete
  13. gili trawangan benar2 tak kalah menarik dari pantai2 lainnya di Indonesia,,,
    saya benar2 menikmati membaca blog ini yg bertema keindahan alam Indonesia,,,
    makasih telah berbagi ^_^

    ReplyDelete
  14. wih bener bener bening cewenya hahah!! gak ahha becanda!! ane sudah jarang ke wisata yg masi natural kek gitu!!

    ReplyDelete
  15. saya mau jadi warga yang ke 801 di gili trawangan :)

    ReplyDelete
  16. blognya sudah saya follow mas. jangan lupa follow balik yah di firdausquotes.com

    ReplyDelete
  17. Kok bisa ya mas, air nya sangat jernih

    ReplyDelete

 
Top