Teluk Penyu Nusa Kambangan
Eksotisme Teluk Penyu Nusa Kambangan – pantai selatan kerap disandingkan dengan mitos Nyai Ratu Kidul lengkap dengan gulungan ombak yang besar. Mitos itu menjadi cerita tersendiri bagi orang yang percaya. Justru keunggulan lokasi itu adalah panorama yang sedap dipandang mata. Bahkan objek wisata itu mampu memanjakan mata dengan pemandangan laut yang eksotis. Objek wisata itu tidak sekedar menawarkan pesona pantai dan hiruk pikuk khas perkampungan nelayan, namun objek wisata yang memiliki lahan seluas 18 hektare itu juga menawarkan sensasi kuliner, seafood segar dengan latar pemandangan Pulau Nusa Kambangan. Wisatawanpun bisa menyusuri objek wisata bernilai sejarah, Benteng Pendem yang tidak lain bekas markas pertahanan kolonial Belanda. Letaknya masih satu kompleks dengan Pantai Teluk Penyu, tepatnya berada di area 70 Pertamina.

Nama objek wisata itu terbilang unik karena mengambil nama hewan, yakni penyu. Konon pantai ini menjadi lokasi berkembang biak para penyu lantaran sangat teduh. Selain terkenal dengan panorama alamnya yang indah, Pantai Teluk Penyu juga di kenal dengan tradisi sedekah lautnya, yaitu ritual tahunan yang di selenggarakan setiap 1 Syura. Inti dari ritual itu adalah melarungkan kepala kerbau dan sesaji ditaruh disebuah tempat, jolang. Setelah di larung kemudian para nelayan mengambil air laut yang berada di sekitar jolang itu untuk dibasuhkan ke mukanya. Usapan air laut itu di percaya dapat membawa berkah.

Tradisi itu merupakan ungkapan rasa syukur kaum nelayan kepada tuhan atas rezeki  dan keselamatan saat melaut. Tradisi ini juga sebagai wujud penghormatan kepada Ratu Pantai Selatan, Nyai Roro Kidul. Setiap tahunnya puluhan ribu wisatawan memadati Pantai Teluk Penyu guna menyaksikan ritual sedekah laut ini. Selain itu, di Pantai Teluk Penyu rutin di selenggarakan festifal layang-layang berbagai bentuk dan ukuran. Persertanya berasal dari berbagai daerah di indonesia. Juga lomba perahu naga yang di ikuti perserta dari seluruh indonesia. Bagi anda para penggemar fotografi, pantai cantik ini sangat tepat untuk di jadikan lokasi memotret. Belum lagi saat sore, sunset cantik dapat di lihat dengan jelas. Deretan pemecah ombak di pantai ini kerap di gunakan sebagai lokasi pemotretan pre wedding.

Tidak mahal untuk bisa menikmati panorama indah Pantai Teluk Penyu. Di hari biasa, wisatawan hanya diminta merogoh kocek Rp 4.000 sedangkan akhir pekan dan hari libur Rp 5.000. bagi yang menyukai berbagai kerajinan khas pantai bisa membeli di toko-toko kerajinan sepanjang pintu masuk utama objek wisata Pantai Teluk Penyu. Sensasi lainnya adalah dengan menginjakan kaki di pulau Nusa Kambangan. Pengunjung bisa menyewa perahu nelayan setempat dengan harga Rp 10.000 per orang. Wisatawan akan di bawa kewilayan Nusa Kambangan Timur yang memiliki panorama menarik karena terhampar pasir putih. Sebuah Benteng peninggalan Belanda yang di beri nama Karangbolong pun dapat di temui wisatawan. Jika beruntung maka bisa melihat kawanan kera.
Benteng Pendem
Ngomong-ngomong masalah Benteng peninggalan Belanda, masih ada juga Benteng yang tidak kalah menarik yang tadi sudah saya sebutkan, yakni Benteng Pendem. Arsitek Belanda menjuluki Benteng Pendem Kustbatterij op de Landtong te Tjilatjap atau tempat pertahanan pesisir di atas tanah yang menjorok ke laut. Benteng yang di bangun pada tahun 1861-1879 itu menjadi salah satu daya tarik wisata unggulan lain di Cilacap. Benteng Pendem berbentu segi lima (poligon) dan di kelilingi oleh parit yang berisi air dengan kedalaman kurang lebih tiga meter. Disebut sebagai Benteng Pendem karena hampir semua bagian bangunan terpendam sedalam 1-3 meter dibawah permukaan tanah. Dahulu, objek wisata ini menjadi markas tentara Belanda untuk pertahanan. Terdapat banyak terowongan dan ruangan di dalam Benteng itu, antara lain di gunakan sebagai barak prajurit, gudang amunisi, logistik, kesehatan, bunker dan penjara. Saat ini setelah di buka sebagai objek wisata, Benteng Pendem juga di lengkapi taman bermain. Pantai Teluk Penyu dan Benteng Pendem bisa menjadi pilihan rekreasi murah meriah bagi keluarga dengan segala eksotismenya.

7 komentar:

  1. Nama objek wisatanya unik ya mas andes dan saya mah baru denger malahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, tapi kata penduduk sekitar rawan kalo buat pacaran disitu :) ada yang pernah gancet soalnya.. hehe

      Delete
  2. wah mas kalau denger pantai selatan bikin merinding juga yah dengernya, tapi pemandangannya memang indah saya belum pernah kesana, jadi penasaran pengen liat hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada waktu luang bisa berkunjung mas :)

      Delete
  3. ternyata di pulau nusa kambangan selain ada tempat tahanan, juga ada tempat yang indah ya. Hmmm baru tahu saya hehe :D

    ReplyDelete
  4. Yang saya tau hanyalah Cerita menyeramkan dari penjara AL CATRAZ nya Indonesia ini. Siapa lagi kalau bukan Pulau Nusa Kambangan. Penjara tidak berdinding terbesar di Indonesia.Ternyata Pulau Nusa Kambangan ini tidak seseram namanya ya

    ReplyDelete
  5. nusa kambangan ternyata pulau indah, tapi kenapa kok tempat tahanan di taruh disana ya mas, jadi wisatawan takut berkunjung, hehehe :)

    ReplyDelete

 
Top