Taman Narmada Kabupaten Lombok Barat
Taman Narmada Kabupaten Lombok Barat - Taman Narmada merupakan sebuah taman yang dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan dan tempat mandi keluarga kerajaan Mataram. Selain itu, terdapat pula taman-taman dan beberapa peralatan yang digunakan untuk menghibur raja-raja. Taman Narmada terletak di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 10 km sebelah timur kota Mataram. Tahun 1727 M, Raja Anak Agung Gde Ngurah Karangsem membangun sebuah taman indah bernama Taman Narmada. Nama Narmada diambil dari nama sebuah anak sungai gangga yang sangat suci di india yang bernama Narmadanadi. Taman Narmada menyerupai Gunung Rinjani dan Danau Segara anak. Bagi umat Hindu, air merupakan suatu unsur suci yang memberi kehidupan kapada semua makhluk didunia ini. air yang memancar dari dalam tanah (mata air) disamakan dengan tirta amerta (arti keabadian) yang memancar dari Kensi Sweta Kamandalu. Dahulu kala nama Narmada digunakan untuk manyebutkan nama mata air yang membentuk beberapa kolam dan sebuah sungai ditempat tersebut. Lambat laun digunakan untuk menyebut putra dan keseluruhan kompleks Taman Narmada.

Kompleks Taman Narmada yang ada di Lombok itu dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu gerbang utama, jabalkap, telaga kembar, gapura gelang/paduraksa, mukades, telaga padmawangi, balai loji, balai terang, petandaan, bangunan sakapat, balai bancingah, pura kalasa, dan pura lingsar. Bangunan-bangunan lain dikompleks Taman Narmada dalam wujud pertamanan sudah sulit ditelusuri keasliannya. Menurut peta tahun 1899 taman dikompleks Taman Narmada diantaranya adalah taman bidadari, taman anyar, taman paresak, dan taman kelasa. Taman anyar dan taman kelasa saat ini telah menjadi perkampungan penduduk. Adapun taman paresak saat ini telah menjadi kebun buah-buahan dengan tanaman utamanya ialah buah manggis.

Keindahan Taman Narmada kini dapat dinikmati oleh masyarakat umum dan menjadi pusat rekreasi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara yang selalu dipadati terutama pada akhir pekan. Untuk anda yang menyukai suasana alam maka tidak salah apabila menempatkan diri untuk berkunjung ke Taman Narmada. Konsep taman ini memiliki ciri nuansa alam yang eksotik, ditata menyerupai bentuk gunung. Dibagian bawah terdapat tiga kolam yang diairi oleh sumber mata air jernih bagaikan sebuah danau. Jumlahnya yang tiga sama dengan jumlah Danau Segara Anak dipuncak Gunung Rinjani. Didalam Taman Narmada ini terdapat sebuah pura bernama Pura Kalasa yang berada dibagian atas. Untuk sampai ke pura ini, harus melewati puluhan anak tangga yang sengaja dibuat agar seolah-olah menaiki Gunung Rinjani. Cukup melelahkan untuk sampai ke Pura Kalasa. Namun rasa lelah dan capek tersebut akan terhapus dengan adanya suasana alam yang masih segar, pepohonan rindang, dan kolam renang alami dengan air yang jernih. Memasuki gerbang taman yang berciri hindu ini, pengunjung akan langsung disuguhi sebuah bangunan kuni yang berada tepat disisi kiri. Bangunan bernama bali loji ini, dulunya dipakai sebagai tempat tinggal raja dan istrinya. Sementara itu, didepan bali loji atau tepat disisi kanan gerbang masuk, terpampang sebuah peta taman narmada, yang berfungsi untuk memudahkan pengunjung berkeliling taman air itu.
Taman Narmada Kabupaten Lombok Barat
Tanah seluas dua hektar ini, mampu menampung beberapa kolam dan tanaman yang membuat indah Taman Narmada. Selain keindahan taman yang tertata apik dan asri ini, daya tarik utama taman ini adalah terdapatnya sebuah balai petirtaan merupakan tempat pertemuan tiga sumber air, yakni Suranadi, Lingsar dan Narmada. Mata airnya yang berasal dari Gunung Rinjani sekaligus sebagi tempat pertemuan tiga mata air lainnya. Air yang ada di balai petirtaan dipercaya berkhasiat dapat menjadikan orang yang meminum dan membasuh mukanya dengan air suci ini, pengunjung harus mengikuti tata cara yang dipandu seorang juru kunci penjaga (kuncen) dalam balai petirtaan. Bersama sang kuncen, pengunjung mengikuti ritual pengambilan air. Sang kuncen kemudian meminta pengunjung berdoa menurut keyakinan masing-masing. Setelah melalui serangkaian ritual tersebut, barulah para pengunjung dapat menikmati dengan membasuh ke muka atau dengan meminumnya.perlu juga diketahui ada larangan bagi wanita yang sedang datang bulang untuk masuk dalam petirtaan ini.

Antara bulan november dan desember, taman ini akan tampak seperti pusat ibadah. Para penduduk asli Lombok penganut agama hindu pada bulan tersebut biasanya merayakan hari Pujawali dengan menaiki Gunung Rinjani dan melakukan ritual pekelan dengan melempar barang-barang dan perhiasan kecil untuk menghormati dewa yang menjaga gunung rinjani. Namun bagi yang tidak ampu pergi ke gunung, mereka cukup datang menuju pura ditaman ini. para wisatawan yang ingin menikmati miniatur Gunung Rinjani tidak peru membayar mahal-mahal, untuk orang dewasa hanya perlu membayar Rp 2.000, sedangkan untuk anak-anak hanya Rp 1.000. Taman ini dibuka untuk umum setiap hari dari pukul 07.00-18.00 WITA. Sementara itu, perjalanan yang dapat ditempuh untuk menuju Taman Narmada mambutuhkan waktu sekitar 20 menit dari terminal Mandalika dikota Mataram menggunakan kendaraan umum.

29 komentar:

  1. jadi mas andes ngrangkap jadi duta wisata ya :)

    manteb nih... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih ada kang Ucup nongol disini :) makin mantab nih :D

      Delete
    2. peresmiannya udah belum nih mas :)

      Delete
    3. belom mas, ini itung2 buat cerita saja.. hihihi kalo di blog utama ga etis rasanya kalo saya campur dengan cerita2 :) mumpung lagi jenuh jadinya share disini :D

      Delete
    4. bagus ini mas. bisa diuangkan, pengunjung yang dari luar sono juga pasti akan mampir kemari....

      Delete
    5. iya kang biar kesono kemari ya :D ini masih awal kang masih butuh banyak optimasi biar serp sama ranknya bagus dulu :)

      Delete
    6. ya udah mas, selamat bersibuk ria aja dengan adanya momongan baru ini :)
      #sukses...

      Delete
    7. oke kang Ucup thanks supportnya :) hehe

      Delete
    8. momongannya cewek apa cowok nih mas hehe...

      Delete
    9. Wuihh Artikel nya Indah, pas ada Kang Ucup ada Mas Anthonie
      Mas Andes memang bisa, an euy setelah sukses dengan Faceblog nya
      Sekarang bangun lagi blog yang penuh dengan keindahan
      Saya kalau mau ngadem datang lagi dah dimari..

      Delete
  2. Wah mas andes ternyata punya blog selingkuhan toh hehehe :D
    semoga makin sukses aja ya dalam mengelola blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mas kalo masih jenuh sama tutorial saya lari kesini :D
      oke thanks mas Marnes supportnya

      Delete
  3. Eh kata nya kalo bisa liat ikan putih yg di nermada maka keinginan kita di kabulkan, bener ngak sech mitos itu ???

    ReplyDelete
  4. Owh pantas saja blog Faceblog nggak update, ternyata update nya disini tow mas andes hehehe :D Jadi kalau pas lagi jenuh melihat script css jquery bisa mampir disini ya mas, lihat yang cerah-cerah hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kurang lebihnya begitu mbak :) soalnya kalo abis liat yang cerah2 biasanya jadi cerah

      Delete
    2. oh jadi biar nggak stres mikirin kode2, pelariannya ke sini yah mas, sip mas lanjutken hehe...

      Delete
    3. haha biar ada selirnya mas :)

      Delete
  5. Ini blognya Mas Andes yah Mas..?
    wah saya baru tau blog baru apa gimana yah..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog baru untuk playning baru kang :) hehehe

      Delete
    2. ternyata selain jago css juga pengalaman di dunia wisata nih mas Andes hehe...

      Delete
    3. kepengen buat nambah cerita baru mas :) hehehe

      Delete
    4. Manteplah idea nya Mas Andes, membuat sesuatu yang Baru
      Cuma ...pesan aja Mas..? jangan cari Istri baru aja hhhhh

      Delete
  6. Wah selamat yah mas Andes buat blog barunya, tak kirain blognya siapa gitu eh pas liat fotonya kok ada mas Andes hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa buat pelarian semata mas :D hehehe

      Delete
    2. Ternyata oh ternyata pas lihat fotonya, jebulnya mas andes yang punya blog Potretpedia hehehe :D

      Delete
    3. hehe iya mbak abis fotonya suka nongol :)

      Delete
    4. Foto nya Mas Andes Sangat, Clasical, hingga mata ini
      sudah sangat hapal walau di halangi Tembok china sekalipun
      Dah hapal deh dengan nya..hhh :)

      Delete
  7. Blog Mas Andes pasti dah, tidak akan lepas dari identik
    Warna Hijau (green) keren pokona mah yah Mas,. ngadem disini akh.

    ReplyDelete
  8. indahnya taman narmada ini, andaikan saya sekeluarga bisa berlibur kesana, hmmm :)

    ReplyDelete

 
Top